UPT SDN 12 API - API BAYANG


GURU MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF, KREATIF

(DONNI SAPUTRA, S.Pd.M.Pd):
UPT SDN 12 API-API KECAMATAN BAYANG  proses belajar mengajar  di kelas adalah menguasai kompetensi atau tujuan pembelajaran oleh siswa, tugas guru yaitu melakukan pengelolaan pembelajaran (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian), hal ini ditujukan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar secara maksimal.
Sebagai guru, kita perlu menyiapkan strategi agar kompetisi yang terjadi di kelas berjalan dengan baik, aturlah agar kompetisi tetap bisa diikuti oleh seluruh siswa dan menghasilkan juara bergilir setiap waktu, jadi tidak melulu siswa yang itu-itu saja yang menang, biarkan setiap siswa memiliki kesempatan menjadi juara di bidangnya masing-masing.
Empat fungsi yang harus difahami oleh guru yaitu :
1.   Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, kereatif, menciptakan berbagai kiat dan model penyampaian materi pembelajaran, membuat suasana pembelajaran menjadi menarik.
2.   Membangkitkan motivasi para siswa agar lebih aktif dan giat dalam belajar.
3.   Membimbing dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi berkualitas.
4.   Memimpin pembelajaran, juga sebagai tempat bertanya bagi para siswa.

Dengan guru melaksanakan fungsinya seperti ini akan mendorong siswa lebih aktif dalam pembelajaran, keaktifan siswa tersebut akan meningkatkan mutu pendidikan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan, siswa diajak dan ditekankan kepada learning how to learn, pemahaman ini akan sangat mendorong para siswa terus mencari ilmu pengetahuan sehingga dapat terbentuk long life learning.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERPRASANGKA BAIK SEHINGGA HATI TIDAK MENJADI SEMPIT.