UPT SDN 12 API - API BAYANG


BERJUANG, BERFIKIR POSITIF ITULAH ADM

Donni Saputra, S.Pd.M.Pd
Administrasi adalah merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran kegiatan sekolah, maupun aktivitas yang dilakukan oleh sekolah/organisasi, sehingga dengan demikian dapat dikatakan administrasi juga merupakan urat nadi sekolah dan administrasi juga dapat memperlihatkan fakta dan keterangan yang diperlukan untuk perencanaan secara rinci dan keterangan/data yang meliputi catatan yang akurat, formulir serta laporan yang meliputi tugas administrasi.

Administrasi dalam kehidupan sangat tergantung pada definisi yang digunakan sebagai titik tolak berpikir. Administrasi didefinisikan sebagai ”keseluruhan proses kerja sama” antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

definisi diatas disimak, akan terlihat paling sedikit 3 hal yaitu : 














1. Administrasi merupakan suatu seni sekaligus sebagai proses. Sebagai seni, penerapan administrasi memerlukan kiat tertentu yang sifatnya sangat situasional dan  kondisional.

2. Administrasi memiliki unsur-unsur tertentu, yaitu adanya dua oarang atau lebih, orang-orang tersebut bekerja sama dalam hubungan yang sifatnya formal, adanya tujuan yang ingin dicapai.

3. Administrasi sebagai proses kerja sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERPRASANGKA BAIK SEHINGGA HATI TIDAK MENJADI SEMPIT.