Kepemimpinan Kepala Sekolah UPT SDN 12 Api-Api Kec.
Bayang merupakan inti dari manajemen yang berperan sebagai penggerak,
dinamisator, dan koordinator, dari segala sumber daya manusia dan sumber daya
yang lain yang ada di UPT SDN 12 Api-Api Kec. Bayang dan juga sebagai faktor
kunci dalam aspek menejerial untuk mencapai sasaran–sasaran tertentu.
Disamping
itu kepemimpinan yang dinamis Kepala Sekolah Kami dan efektif merupakan sumber daya
yang paling pokok, sedangkan kepemimpinan seseorang akan mewarnai pola kerja
serta cara mengakomodasikan seluruh fungsi yang ada dalam mendukung terwujudnya
tujuan UPT SDN 12 Api-Api Kec. Bayang.
Kepemimpinan kepala sekolah UPT SDN 12 Api-Api Kec.
Bayang yang efektif harus memiliki sikap mandiri, terutama dalam
mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan
yang tersedia. Kemandirian dan profesionalisme kepala sekolah kami merupakan
salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi,
misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan
secara terencana dan bertahap. Selain itu, kepala sekolah harus mampu mengambil
keputusan yang bijaksana secara tepat waktu dan tepat sasaran, tanpa harus
menunggu perintah dari pimpinan yang ada di atasnya.
Untuk mengadakan perubahan atau melaksanakan program, selalu
dimulai dari diri sendiri, langkah pertama harus dilaksanakan sampai
finish sebelum memerintahkan yang lain untuk melangkah. Dengan kata lain,
menjadikan diri sendiri sebagi contoh/teladan bagi rekan-rekan guru yang lain.
Diharapkan dengan melihat hasil dari perbuatan/tindakan Kepala Sekolah,
rekan-rekan yang lain merasa terpanggil untuk melaksanakan program yang sudah
direncanakan. Seperti kata peribahasa :
“SATU TELADAN LEBIH BERMAKNA DARI PADA SEJUTA KATA”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERPRASANGKA BAIK SEHINGGA HATI TIDAK MENJADI SEMPIT.